Rabu, 08 Juli 2015

Cicadas, Daerah rawan di Bandung tempo dulu





Cicadas, bagi orang asli Bandung siapa yang tidak kenal daerah tersebut?. Cicadas merupakan salah satu area yang sangat padat dan terkenal dengan kemacetannya, area ini berada di daerah Ahmad Yani yang menuju Cicaheum dan perapatan yang menuju Jalan Jakarta dan Jalan Cikutra. Wilayah ini mungkin bukan salah satu area wisata seperti daerah-daerah lainnya (cihampelas, jalan Riau, dago dan sekitarnya). Tapi disini merupakan salah pusat perdagangan Kota Bandung dengan kepadatan penduduk dan tingkat hunian yang cukup tinggi (alias sempit dan semrawut). Cicadas sudah sangat terkenal dari jaman dulu, bagi sebagian penduduk bandung cicadas identik dengan tingkat kriminalitas yang tinggi. Disini juga banyak lahir cerita-cerita urban yang beredar luas di kalangan masyarakat Bandung.




cerita dari mulut ke mulut tentang tawuran antar penduduk, pemalakan dimalam hari sampai hanya tersisa "maaf" celana dalam di badan, julukan jendral becak pada era 60-an, tokoh preman Iwan Kusang, adanya gank Ninja yang suka menyerbu tempat tinggal atau kelompok tertentu, orang yang berjalan sambil menenteng samurai pada siang hari, Masa-masa 15 tahun kebelakang mungkin kita masih sering sedikit-sedikit mendengarkan dongeng-dongeng seperti itu.





Semua itu merupakan cerita-cerita urban yang sangat lekat dengan daerah ini. Terlepas dari itu semua Cicadas merupakan satu bagian penting di Kota Bandung, tempat yang juga memiliki tokoh-tokoh penting yang berasal dari tempat tersebut. Misal nya seniman Asep Berlian yang namanya juga menjadi nama salah satu Gang di daerah Cicadas, lalu juga ada Deddy Stanzah, salah seorang tokoh musik legendaris Indonesia (masih inget Band The Rollies?..), lalu juga ada Kristiawan, salah seorang seniman dan tokoh performance art yang juga suda membawa karyanya ke manca negara dan juga tokoh Nurul Arifin yang sempat tinggal disana.


 Sumber :

http://dudhynanda.blogspot.com/2010/05/cicadas.html

foto : Google


5 komentar:

  1. Itu font-nya kok jadi kecil banget di blog posting yang ini (iya... salah fokus, sayahh...). Mungkin ini nulis di caption foto ya? Bukan di body blog post-nya.

    BalasHapus
  2. kono iyek(Achmad Albar)dan Benyamin S katanya pernah tinggal di GG.Slamet cicadas,saya salah satu korban pemalakan saat zaman bioskop MisBar(Girimis Bubar)Trims,Jay

    BalasHapus
  3. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


    BalasHapus
  4. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus
  5. Maaf saya mau klarifikasi.. Asep Berlian bukan seniman dan bukan orang asli bandung.. Asep Berlian adalah saudagar kaya palembang, nama aslinya bukan asep berlian.. Asep adlh panggilan warga bandung, krna dibesarkan di bandung.. Dan makamnya ada di karang anyar, makam walikota bandung..

    BalasHapus

Balai Kota Bandung, Kisah sebuah Gudang Kopi

Balaikota Bandung... Sebuah gedung yang bernuansakan Putih, yang berada di Jalan Wastukancana. Gedung yang juga diapit oleh Jalan Ace...