Senin, 06 Juli 2015

Cihampelas, pemandian bersejarah Bandung tempo dulu







    Buat yang memiliki hobi belanja di kawasan Bandung rasanya tidak asing dengan nama jalan cihampelas. Kawasan ini terkenal dengan pusat perbelanjaan baju dan jeansnya. tahun 1990 an kawasan ini terkenal sekali sebagai pusat jeans. tapi ada yang kenal dengan sejarah dan asal usul nama cihampelas tersebut??

tjihampelas 1900 -google


    Daerah Cihampelas tempo dulu terutama pada awal terbentuknya kawasan ini tidak terlepas dari sejarah kota Bandung. Pada masa pemerintahan Hindia Belanda, Cihampelas yang termasuk dalam kawasan Bandung Utara dikondisikan untuk pemukiman orang Eropa. Pada masa itu gedung-gedung gaya romantik Belanda banyak berdiri dikawasan ini. Penamaan kawasan dan jalan dengan nama Cihampelas diambil berdasarkan nama kolam pemandian yang ada di daerah ini, yakni kolam pemandian Cihampelas. Pada saat pembuatan kolam, disekitar tempat tersebut banyak terdapat pohon Hampelas (sejenis pohon berdaun kasar dan bisa digunakan sebagai penggosok. Sumber air yang digunakan untuk mengisi kolam berasal dari sekitar pohon tersebut hampelas tersebut.

pemandian tjihampelas tempo dulu -Google

pemandian tjihampelas tempo dulu -Google

   Kolam renang yang identik dengan jalan Cihampelas ini, kini masih dipergunakan walaupun wujudnya telah berubah seiring kemajuan jaman. Sekitar Tahun 1987-an satu demi satu rumah tinggal dikawasan ini berpindah tangan baik secara sistim beli maupun sewa. Perpindahan tangan tersebut ternyata menandai dimulainya kawasan Cihampelas sebagai salah satu tempat yang mencirikan kota Bandung, selain Cibaduyut sebagai kawasan sepatu.

   Dan sekarang bila anda tengah berjalan keluar masuk toko dengan tangan yang sarat belanjaan, menghayallah sedikit kemasa lalu. Dimana noni-noni Belanda pernah menjadikan tempat ini sebagai ajang bercengkerama, berjalan menikmati matahari, taman-taman bunga tanpa diganggu kebisingan. Bahkan bisa jadi kawasan Cihampelas tempo dulu merupakan tempat menyenangkan bagi pasangan kekasih. Siapa tahu? Bukankah BAndung dikenal sebagai Paris Van Java !!..

sumber foto :
http://www.thepapandayan.com/cihampelas.php

sumber :
http://themanfromthepast.blogspot.com/2010/01/sejarah-jalan-cihampelas-bandung.html





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Balai Kota Bandung, Kisah sebuah Gudang Kopi

Balaikota Bandung... Sebuah gedung yang bernuansakan Putih, yang berada di Jalan Wastukancana. Gedung yang juga diapit oleh Jalan Ace...